35+ Cemilan Dan Makanan Khas Riau Yang Wajib Kau Cicipi

MAKANAN KHAS RIAU – Kota Pekanbaru ialah kota paling besar yang mana juga menajdi ibukota dari Provinsi Riau yang berada di pulau Sumatra, Indonesia. Tak hanya dikenal dengan minyak buminya yang melimpah, Pekanbaru juga dikenal sebagai sektor pariwisata.

Di Pekanbaru sendiri tersapat beberapa bangunan dengan motif arsitektur Melayu yang mana disetiap waktu liburan tiba, selalu ramai didatangi oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah.

Makanan Khas Riau

alidesta.wordpress.com

Selain destinasi wisata dan sumber minyak buminya yang melimpah, Pekanbaru kiga mengatakan majemuk masakan yang enak dan sangat sayang untuk dilewatkan oleh kamu.

Jika kau mempunyai rencana mau mengunjungi kota Pekanbaru atau kini juga sudah berada di kota Bertuah, jangan biarkan kau lupa untuk merasakan kuliner khas Riau yang melegenda menyerupai yang akan saya jelaskan di artikel berikut ini.

1. Gulai Ikan Patin Khas Riau

majalah-holiday.com

Ada salah satu kuliner khas Riau yang sangat populer dan juga special. Makanan itu ialah gulai ikan Patin. Di Provinsi Riau terkhusus lagi di Pelanbaru, gulai ikan patin ini menjadi kuliner yang tidak pernah sepi dari penggemarnya.

Alasannya, masakan khas Riau ini mempunyai cita rasa yang sangat enak dan mampuh membuat pengecap kau tak bisa berhenti menyantapnya. Menu gulai ikan patin ini dengan simpel bisa kau temui di restoran-restoran besar atau ada juga di aneka macam warung makan yang tersebar di wilayah kota pekanbaru.

Gulai ikan patin ialah kuliner khas Pekanbaru yang mempunyai kuah dengan warna kuning pekat untuk merendam potongan-potongan ikan patin. Warga Riau khususnya Pekanbaru umumnya tak Cuma mengkonsumsi ikan patin saja.

Ada sajian yang medampingi masakan ini yang yang biasa disajikan dikala menikmati gulai ikan patin, yaitu lauk pelengkap, nasi hangat dan aneka macam macam jenis sayuran semisal ubi rebus, pucuk daun dan lainnya. Cita rasa gulai ikan patin ini akan lebih enak lagi jiak ketika mengolahnya ditambahkan dengan bunga kecombrang yang mempunyai fungsi sebagai penyedap rasa.

2. Asam pedas Ikan Baung Riau

sumber.com

Olahan dengan materi dasar ikan yang juga tidak kalah melegenda dengan kuliner khas riau yang sebelumnya ini ialah asam pedas ikan baung. Dari namanya saja sudah terang ada perbedaan antara asam pedas ikan baung dan gulai ikan patin.

Untuk kau yang belum mengetahui apa itu asam pedas ikan baung, simaka klarifikasi singkat ini. Masakan yang satu ini ialah kuliner yang lahir atas dasar imbas yang dibawa oleh orang-orang melayu di tanah Sumatera. Menu dengan materi dasar ikan maritim ini bisa dijadikan alternatif kau yang mungkin saja sudah pernah merasakan gulai ikan patin.

Untuk mengolah asam pedas ikan baung, masyarakat Riau meracik bumbunya dengan menggunakan bermacam rempah-rempah teradisional semisal bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan serai. Sementara itu cita rasa asamnya didapat dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan untuk rendaman bumbu-bumbu dan ikan.

Ikan yang digunakan untuk masakan ini ialah ikan baung yang mempunyai bentuk menyerupai dengan ikan lele alasannya ialah memang ikan ini masih ada kerabat dengan ikan lele. Ikan baung sendiri mempunyai tekstur daging lembut padat dan tidak mempunyai duri halus dengan warna putih terang. Apabila ikan baung dibndingkan dengan ikan patin, ikan baung mempunyai tingkat ketebalan lebih disbanding ikan patin.

3. Nasi Lemak Khas Riau

riauberbagi.blogspot.co.id

Makanan Khas Riau yang satu ini biasa juga kita temukan di Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapur. Biasanya nasi lemek disajikan untuk sajian sarapan masyarakat melayu. Namun Kuliner khas Riau yang satu ini merujuk terhadap nasi yang diolah dengan gabungan santan kelapa dan juga daun pandan untuk mengatakan rasa yang gurih dan mengeluarkan aroma yang harum.

Pada umunnya nasi lemek ini dihidangkan dengan gabungan lauk-pauk semisal telur. Sambal, ikan teri goreng, cabai dan irisan mentimun.

Selain adanya lauk pendamping itu, banyak juga nasi lemak yang disajikan bersama tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, udang, kerang, petai dan limpa. Kalau kau ada niatan merasakan nasi lemak ini, banyak tersedia di warung-warung makan Pekanbaru yang menghidangkannya.

4. Miso Makanan Khas Riau

mykitchengallery.blogspot.co.id

Miso atau juga sering disebut mieso merupakan kuliner khas Pekanbaru yang sangat simpel kau dapatkan di aneka macam sudut kota Madani. Miso bukan hanya dipekanbaru saja kau bisa mendapatiannya, melainkan kau juga bisa mendapatkannya di kota lain yang menyerupai Madani dan Pekalongan.

Perlu kau ketahui miso merupakan kuliner yang mempunyai kuah dengan kerja sama ragam materi menyerupai mie putih, mie kuning, tahu kering, suiran ayam, kulit ayam renyah dan ditambahkan juga belahan tulang ayam. Bahan-sederhana yang digunakan membawa imbas terhadap harga yang ditawarkan, yaitu perporsi cCuma 15,000an.

Ada rumah makan di Pekanbaru yang menyebabkan miso masakan khas Riau ini sebagai sajian utamanya. Tempat itu berada di Jl. Thamrin Ujung, Pekanbaru dan diberi nama Miso Pak Lek.

Meskipun miso banyak terjual di warung-warung makan lainnya, tapi Miso Pak Lek ini mempunyai cita rasa yang lain daripada yang lainnya. Bahkan, saking enaknya warung makan miso pak lek lini sudah dikerumuni pembeli satu jam sebelum waktu istirahat makan siang.

5. Sate dan Sop Rusa Riau

banyumurti.net

Untuk kau yang sudah bosan dengan sajian daging sapa, daging kambing dan daging ayam, kau wajib mencoba kuliner yang ada di pekanbaru ini yaitu sate dan sop rusa dengan materi dasar daging rusa. Kalau kau belum pernah menikmati enaknya rasa daging rusa maka wajib untuk mencobanya. Daging rusa yang telah diolah akan dioalh kembali menjadi sop atau menjadi sate.

Dari sekian banyak para penjual sate dan sop rusa, warung Era 51 yang berada di Jl. Kaharudin Nasution No. 31 Pekanbaru ini unik dan sudah populer akan citarasanya yang enak.

Dengan tekstur daging yang enak ditambah juga dengan cita rasa manis dari bumbu mampuh mengatakan pengalaman gres untuk kau yang mungkin pertama kali mencoba danging rusa ini. Agar terasa lebih lengkap, kau juga bisa memesan sop daging rusa sekalian meambah keistimewaan dalam menyantap daging rusa yang sudah dibakar dan direbus sekaligus ini.

6. Sup Tunjang Khas Riau

pamerkuliner.blogspot.co.id

Kota pekanbaru meiliki cuaca hambar ada sajian yang bisa menghangatkan tubuh yaitu sup tunjang. Sup tunjang merupakan kuliner kahas Riau dengan mempunyai kuah yang hangat. Ketika cuaca lagi hambar paling enak menyantap sup tunjang atau sering juga dibilang sup tulang ini. Menyantap semangkuk sup tunjang dan satu porsi nasi hangat bisa sekalian untuk mengisi prut yang lagi lapar.

Ciri khas dari sup tanjung ialah menggunakan materi dasar dari tulang kaki sapi yang masih terdapat daging-daging yang menempel. Tulang kaki sapi tadi direndam ke dalam kuah bening kekuningan dengan menggunakan materi aksesori menyerupai irisan kentang, tomat, wortel, dan daun bawang.

Jahe, kayu manis dan cengkeh. Biasanya sup tunjuang di sajikan, disediakan juga sedotan yang guananya untuk menyedot sumsum yang ada pada tulang kaki sapi.

7. Makanan Mie Sagu Khas Riau

kelanariau.com

Mungkin kau akan teringat dengan Papua ketika kau mendengar kata sagu yang menjadi materi dasar dari sebuah makanan. Karena di Papua lah sagu menjadi materi pokok kuliner kesehariannya. Ternyata olahan kuliner yang terbuat dari sagu bukan hanya terdapat di Papua saja, melainkan di Riau juga ada, bahkan dinobatkan menjadi kuliner khas Riau.

Makanan itu ialah mie sagu yang berada di tempat Selat Panjang yang mana disanalah tempat yang menghasilkan sagu terbesar di Indonesia. Mie sagu ini merupakan makana yang siapa saja bisa menyantapnya. Terlebih lagi mereka yang sedang menjalankan aktivitas diet atau yang lagi menderita diabetes.

Mie sagu ini mempunyai tekstur yang kenyal. Untuk mensajikannya mie yang berbahan dasar sagu ini akan dihidangkan dengan gabungan materi aksesori semisal daun kuncai, teri, dan tauge rebus.

8. Ikan Asap Selais Riau

sumber.com

Mungkin kalau di tempat lain ikan ini di jadikan sebagai ikan asin alasannya ialah dengan bentuknya yang tipis dan mempunyai tekstur renyah seusai digoreng. Tapi beda dengan kota lain, ikan selais di Pekanbaru diolah dengan mengguankan cara diasap atau dijadikan pindang bahkan gulai.

Ikan ini sangat simpel didapatkan di kota-kota yang berada di Provinsi Riau dan telah menjadi ikon untuk provinsi Riau. Ikan selais membutuhkan kurang lebih delapan jam untuk pengasapan supaya rasa yang didapat menjadi nikmat dan membuat kau ketagihan.

Setelah proses pengasapan, ikan selais bisa digoreng, digulai, atau bisa juga dipindang. Biasanya ikan selais ini sesudah selasai pengasapan akan dikemas menggunakan Styrofoam untuk kembali dijual.

9. Cincalok Makanan Khas Riau

id.wikipedia.org

Bukan hanya populer di Pekanbaru saja, melainakan makana ini juga populer di darah Kalimantan Barat. Makanan yang satu ini berbahan dasar udang-udang kecil yang difermentasi dengan mikroba sebagai basil bantuannya. Kelompok basil itu mempunyai kemampuah untuk membuat senyawa dengan aroma dan rasanya yang khas, mampuh membunuh mikro organnisme dan cerna kuliner menjadi meningkat.

Dalam membuat cincalok ini materi dasar yang digunakan ialah udang dari genus ini materi dasar yang digunakan ialah udang dari genus Acutes. Untuk membuatnya langkah pertama udang dicuci higienis menggunakan air laut, sesudah itu udang yang sudah dicuci campur dengan garam.

Udang yang dicampur dengan garam, didiamkan pada wadah tembikar yang di tutup menggunakan kain atau apa aja yang bisa menutupi tembikar kemudian tutup hingga 20 -30 hari. Setelah diawetkan, cincalok akan dicampurkan ke dalam sambal atau ikan asin supaya rasanya semakin nikmat.

10. Gulai Belacan Khas Riau

beritaharianduniakita.blogspot.co.id

Udang merupakan binatang maritim yang sering kali dijadikan materi utama untuk aneka macam macam jenis macakan. Contohnya di Indonesia terkhusus lagi di Riau mempunyai kuliner khas yang berbahan dasar dari udang yang dihdangkan dengan gabungan kuah bersantan.

Makanan khas Riau tersebut ialah gulai balacan yang memadukan udang dan gabungan bumbu rempah-rempah. Adapun bumbu rempah-rempah yang dicampurkan dalam pembuatan gulai belacan ini ialah asam jawa, lada, dan kemiri. Yang tidak kalah menarik dari sajian ini ialah penggunaan udangnya yang bisa sesuai selera.

11. Bacah Daging Khas Riau

resepmasakan1233.blogspot.co.id

Ada rendang masakah khas padang, ada juga dendeng batokok kuliner khas Jambi semua terbuat dari daging. Seperti halnya dengan dua tempat itu, Riau juga mempunyai kuliner khas yang berbahan dasar dari daging yaitu Bacah Daging.

Sekilas bacah daging menyerupai dengan rendang Padang atau dendeng batokok Jambi, tapi beda rasa dan sedikit beda juga dengan campruan bumbunya dan cara penyajiannya. Kalau rendang khas padang di santap menggunakan nasi sebagai pendampingnya, lain halnya dengan bacah daging yang dihidangkan dengan ketupat.

Bukan sekedar itu, kehadiran rendang khas Padang selalu ada dan tidak ada musiman untuk menemukannya alasannya ialah hampir di setiap tempat terdapat warung nasi padang yang sudah niscaya menyediakan sajian rendang sebagai sajian utamanya, tapi beda halnya dengan bacan daging, makana khas Riau ini muncul pada waktu-waktu tertentu saja contohnya hari raya ldul fitri sebagi sajian wajib bagi Masyarakat Riau.

12. Ikan Cuka Khas Riau

ksmtour.com

Bagaimana pun cara pengolahannya, ikan memang lauk yang selalu nikmat untuk disantap entah itu di bakar, digoreng, di asap dan cara pengolahan lainnya. Sedangkan di Pekanbaru sendir mempunyai kuliner khas yang berbahan dasar ikan yaitu ikan cuka.

Ikan cuka ialah kuliner khas Riau yang cara pengolahannya yaitu dengan cara digoreng. Setelah digoreng, ikan akan dicampur dengan kuah dengan nama kuah cuka yang terbuat dari majemuk materi menyerupai lada, cabai merah iris, pala, cabai giling, daun jeruk , jahe, gual pasir, garam dan serai.

Masyarakat Riau biasanya menentukan ikan tenggiri sebagai materi dasar dari pembuatan iakn cuka ini. Ikan tenggiri yang dipilih mesti berkualitas baik alasannya ialah akan kuat pada rasa dan tekstur dagingnya. Untuk ketika ini ikan cuka sudah banyak ditemui di tempat lain.

arena mempunyai citarasa yang enak menyebabkan masyarakat Riau membagi resep cara membuat ikan cuka ini melalui social medianya atau juga situs pribadinya.

13. Gulai Siput Riau

traveltodayindonesia.com

Setiap tempat di Indonesia mempunyai kuliner khasnya masing masing contohnya konro kuliner khas dari Makassar dan banyak lagi yang lainnya. Sama juga dengan Kepulauan Riau, kau juga akan menemukan kuliner khasnya dengan berbahan dasar siput. Makanan itu disebut oleh masyarakat Kepulauan Riau dengan sebutan gulai siput.

Sebenarnya gulai siput itu sendiri merupakan kuliner orang melayu yang tinggal di Riau. Sedangkan daham bahasa melayu sendiri gulai siput ini disebut dengan nama gulai cipuik atau juga lengkitang. Karena berasal dari melayu, maka rempah khas melayu pun sangat terasa di masakan ini.

14. Mie Lendir Khas Riau

rajahajifisabilillah-airport.co.id

Makanan khas pekanbaru yang satu ini enak dan di jual dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup dengan mengeluarkan uang senilai 10,000 hingga 15,000 sudah cukup untuk kau merasakan masakan khas Riau ini. Mie lendir ini dari segi sajian hampir sama dengan mie pada umumnya.

Tapi yang membedakan dengan mie pada umumny yaitu dari segi rasa yang enak dan tidak bisa dipandang remeh akan kelezatannya. Kuah kental yang sama menyerupai lendir membuat masakan mie yang satu Ini disebut dengan mie lendir.

Biasanya pembuatan kuah lendir berasal dari kacang tanah, ubi dan juga bumbu-bumbu rempah khas Kepulauan Riau itu sendiri. Untuk kau yang sudah ingin tau dengan cita rasa dari mie lendir, di Pekanbaru kau bisa dengan simpel mendapat olahan kuliner ini, kau tinggal masuk ke warung-warung makan yang khusus menyajukan sajian mie ini.

Mie lendir diolah dengan campuarn antara mie kuning rebus, kemudian dicampur dengan telur rebus, tauge, dan biar ada senssasi pedasnya tambahkan juga belahan cabai rawit.

15. Mie Tarempa Khas Riau

bundaaisyah.com

Apa itu mie tarempa? Mie tarempa ialah kuliner tradisional sebuah masyarakat yang menetap di tempat Batam, Bintan, Karimun, Riau dan Tarempa. Pengolahan mie tarempa dengan cara yang sama dengan mie umunya. Yang menyebabkan beda mie tarempe daripada mie lainnya ialah bumbu dan proses membuatnya.

Mie terampah atau biasa orang Riau menyebutnya dengan sebutan mie siantan ini berbahan dasar sama menyerupai mie kuning dengan kombinasi telur, udang, cabai rawit, tauge dan kecap. Mie terempah mempunyai dua macam mie yaitu mie berair dan juga mie goreng. Umumnya mie terempah yang digoreng lebih banyak mencampurkan kecap daripada mie termpah kuah.

16. Lakse Kuah Khas Riau

wisatago.com

Lakse kuah merupakan kuliner khas Riau yang berbahan dasar ikan maritim segar. Makanan tradisional yang satu ini di Kepulauan Riau sangat terkenal, khususnya lagi di pulau Natuna yang bahkan kuliner ini menjadi icon kulinernya.

ada umumnya lakse kuah menggunakan materi dasar dari ikan tongkoldan teri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu dan ditambahkan mie yang berbahan dasar sagu. Untuk kuahnya menggunakan santan kelapa dengan ditambahkan rempah menyerupai ketumbar, bawang merah, cabai, adas manis, bawang putih kunyit, jahe dan jintan putih.

Dari segi tampilan, lakse kuah mempunyai keunikan lebih utama pada bentuk mie yang hampir menyerupai dengan sanggul yang diteruh pada daun kemangkuk. Bukan hanya itu, masih banyak keunikan- keunikan yang lainnya yaitu pada kuahnya mengkombinasikan antara rempah-rempah, santan dan ikan tongkol yang sebelumnya sudah dihaluskan.

17. Sup Ikan Batam Riau

resepmasakanindonesiaku.info

Batam ialah salah satu tempat yang termasuk dalam Provinsi Riau mempunyai sebuah kuliner khas yang menarik hati selera yang berbahan dasar dari ikan tengiri, yaitu sop ikan yang disiram dengan kuah bening dan ditambah dengan perasan jeruk nipis juga kecap asin. Untuk kau yang suka dengan masakan pedas, bisa juga ditambahkan cabai rawit dalam masakan ini.

18. Makanan Lakse Khas Riau

kulinermakanannusantara.blogspot.co.id

Makanan khas Riau yang satu ini merupakan mie yang diracik dengan menggunakan bumbu khas melayu dan tionghoa. Keunikan dari masakan ini bentuk mie lakse ini yang mana bentuknya agak lingkaran dan lebih tebal dibanding mie pada umumnya. Lakse merupakan bahasa sansekerta yang mempunyai arti yaitu banyak, alasannya ialah mie ini dibentuk dan diolah dengan banyak gabungan jenis bumbu.

19. Gong-gong Khas Riau

m.viva.co.id

Gong-gong ialah siput yang direbus dan dihidangkan dengan didamping sambal super pedas. Kandungan gizi yang terdapat pada gong-gong ini sangat tinggi dan diyakini berguna untuk kaum pria. Resep maskan yang satu ini bisa dengan simpel kau dapatkan di internet.

Untuk kau para MAHMUD (Mamah Muda) yang lagi menunggu kehadiran sang buah hati tapi tak kunjung hamil juga, mungkin bisa kau coba baca artikel program hamil alami sesudah haid ini.

Cemilan Khas Riau

oleh2sumbariau.blogspot.co.id/

Bukan hanya makana yang dimiliki oleh Kepulauan Riau ini, melainkan ia juga mempunyai cemilan khas yang enak rasanya dan tentunya bisa kau jadikan untuk oleh-oleh atau oleh-oleh dari Riau untuk sanak saudara tercinta di kampung halaman.

1. Asidah Cemilan Khas Riau

makanantradisional297.wordpress.com

Menurut sejarah, makana dengan nama asidah dan juga sebagai kuliner khas Riau ini terinspirasi dari kudapan, kuliner khas Arab yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan pengecap masyarakat Melayu. Untuk ketika ini asidah sudah mulai sulit kita jumpai dan sudah langka dikarenakan sedikitnya pengenalan dari orang bau tanah kepada genarasi muda.

Asidah mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa manis dan gurih yang diakibatkan dari perpaduan cengkeh, pandan, dan kayu manis sebagai materi untuk perasa alami.

Bentuk dari dari cemilan khas Riau ini manis menyerupai namanya, ada yang mempunyai bentuk bulat, bentuk daun jambu, dan yang sering dicetak ialah dengan bentuk bunga mawar. Biasanya di tambah dengan taburan bawang goreng semoga aroma dan rasanya istimewa.

2. Lopek Bugi Khas Riau

lifolif93.wordpress.com

Kue khas Riau tepatnya dari kabupaten Kampar yang satu ini sudah populer di aneka macam tempat di nusantara yang dikenal dengan nama lopek bugis. Lopek bugis atau orang Indonesia keumuman menyebutnya lepat ketan awalnya merupakan jajanan khas yang dibentuk diperuntukkan kaum bangsawan.

Tapi untuk ketika ini, cemilan satu ini tidak hanya dihidangkan ileh orang-orang bangsawan, juga oleh masyarakat luas tanpa ada pembatas pangkat atau sebagainya. Kamu bisa dengan simpel menemulan lopek bugis ini ketika kau lagi berada di Riau.

Lopek bugis ini simpel ditemukan di sekitaran toko oleh-oleh khas Riau atau ada juga di gerai-gerai yang baris berjajar di sepanjang jalan Pekanbaru-Bangkinang. Karena banyaknya peminat dari camilan manis khas Riau ini hampir setiap hari camilan manis lopek bugis ini di produksi dengan sekala banyak. Sayang rasanya ketika kau lagi berada di Pekanbaru tapi tidak merasakan camilan manis ini atau membelinya untuk oleh-oleh di rumah.

 

3. Lempok Durian Riau

santhiserad.com

Daftar cemilan khas Riau yang lainnya ialah Lempok durian dan cemilan ini wajib untuk kau coba rasanya. Lempok durian mempunyai tekstur menyerupai dodol yang berbahan dasar dari durian siantan yang dikenal mempunyai rasa enak nan nikmat.

Cara membuat lempok durian ini pun masih menggunakan teknik yang diwariskan turun temurun dan masih sederhana. Lempok durian bisa dengan simpel kau dapatkan di toko-toko cemilan yang ada di sekitaran kota Letung atau Kota Tarempa Riau.

4. Keripik Nanas Riau

qlapa.com

Sesuai dengan namanya, cemilan khas Riau yang satu ini terbuat dari buah nanas atau buah nanas yang terlebih dahulu dijemur untuk setelahnya digoreng. Sekarang keripik nanas ini sudah dikemas dengan kemasan yang modern. Karena memang tujuannya dibentuk untuk oleh-oleh khas Riau bagi para wisata yang tiba ke Pekanbaru.

5. Kerupuk Atom Khas Riau

jualkerupukatom.blogspot.co.id

Apakah kau pernah merasakan cemilan yang satu ini? Kerupuk yang berbahan dasar dari ikan tongkol ini mempunyai rasa yang khas. Pas juga untuk dijadikan lauk tambahan sebagai penambah selera makan. Bahkan kerupuk atom ini merupakan sebuah cemilan khas riau yang layak dijadikan sebagai oleh-oleh sesudah berkunjung di Riau. Biasanya cemilan ini diproduksi oleh para penggiat industri rumah tangga dengan jumlah yang tidak begitu banyak.

6. Kue Bangkit Khas Riau

gurukecil.com

Cemilan khas Riau yang satu ini merupakan cemilan yang simpel untk dibentuk alasannya ialah bahanya yang emang simpel juga untuk dicari. Kue ini disebut dengan camilan manis bangkit, dikarenakan ketika dikeluarkan dari oven, ukurannya jadi bertambah menjadi dua kali lipat dari ukuran sebelumnya.

Memiliki warna putih kekuningan dan diberikan titik terang dengan warna merah pada bab atasnya menyerupai dengan tampilan bakpao. Kue ini simpel remuk alasannya ialah mempunyai tekstur yang halus. Ketika disantap camilan manis ini akan terasa lumer di verbal menambah kesan tersendiri. Karena rasanya yang manis, camilan manis ini sangat digemari oleh anak-anak.

7. Dodol Kedondong Riau

kelanariau.com

Cemilan khas Riau yang satu ini mempunyai tekstur dan rasa yang menyerupai dengan kacang enting-enting di jawa. Cemilan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini mempunyai rasa yang manis dan enak, sangat cocok untuk pengecap orang Indonesia. Walaupun manis, kacang pukul denah siapi-api ini menyebabkan yang memakannya merasa eneg, alasannya ialah olahan bumbunya yang khusus dan khas dari negri Riau.

9. Roti Canai Khas Riau

gilangrahmtul.blogspot.co.id

Dengan bentuknya yang pipih, roti canai bahu-membahu berasal dari Negara India. Memang roti ini banyak di jual belikan di ngara melayu, semisal Malaysia, Singapure, terlebih lagi Indonesia khususnya di Riau. Cara memasaknya cukup dengan menggunakan sedikit minyak.

Cita rasa dari roti canai ini ialah empuk dan gurih. Roti canai ini juga bisa disajikan dengan kuah kari daging kambing, cukup dengan menyobek bertahap roti canai dan mencelupkannya di kuah kari, menyebabkan cemilan khas Riau ini nikmat sekali.

Minuman Khas Riau

Tidak kalah terkenalnya dari kuliner dan cemilan khas Riau, Riau juga mempunyai minuman khasnya yang banyak diburu oleh penikmat-penikmat olahan khas Riau. Dengan keuntungannya yang bisa menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan dahaga, minuman ini banyak mempunyai penggemar setia.

1. Es Air Mata Pengantin

food.idntimes.com

Minuman Khas Pekanbaru yang satu ini diberi nama dengan nama Es Air Mata Pengantin yang zaman dulu hanya terdapat ketika acara-acara kebahagiaan, semisal pernikahan. Karena kehadiarannya di tengah-tengah suasana bahagia, es ari mata pengantin ini juga dijuluki dengan nama es air mata bahagia.

Bukan hanya kehadirannya yang membuat bahagia, es ini juga mempunyai penampilan yang manis dan rasa yang enak segar dan mampuh menghilangkan rasa dahaga ditenggorokan. Campuran yang ada pada es air mata pengantin ini terdiri dari biji selasih, blewah, sirup, dan es watu serut.

Minuman khas riau ini peling enak di minum ketika cuaca lagi panas. Saat tenggorokan lagi kering, es air mata pengantin ini mampuh menyejukkan tenggorokan yang kering. Minuman ini banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan tiba, yang biasanya dibeli untuk hidangan berbuka puasa.

2. Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

spiritriau.com

Hampir dari kebanyakan orang beranggapan nama minuman yang satu ini sangat unik, termasuk kau juga bukan? Menurut dongeng yang ada, pada zaman dahulu konon ada seorang laksamana yang lagi mengamuk di sebuah prekebunan yang disitu ditumbuhi buah kwini (buah sejenis mangga yang mempunyai danging buah yang lembut dan aromanya harum) karena istrinya yang dibawa kabur.

Untuk melampiaskan segala amarahnya, sang laksamana itu mengibaskan pedangnya ke segala arah sehingga menyebabkan banyaknya buah kuwini yang terjatuh dan rusak. Dari insiden itu, para warga berinisiatif mengumpulkan buah kuwini yang jatuh itu dan dijadikan minuman segar dengan gabungan santan dan gula sehingga terlahirlah minuman dengan nama es laksamana mengamuk.

Entah dongeng itu benar atau tidak, yang paling penting dari minuman ini menjadi minuman yang banyak mempunyai penggemar, terutama lagi mereka yang berada di Kepulauan Riau.

Sebenarnya es laksamana mengamuk hanyalah minuman khas Riau sederhana yang dibentuk dari gabungan belahan buah kuweni, santan dan gula. Es laksamana mengamuk ini meiliki rasa yang manis dipadukan dengan tekstur daging buah kuweni yang lembut.

3. Es Sirup Mak Inang

kopihawaii.blogspot.co.id

Kopi haway in bisa kau dapatkan di sebuah kedai kopi yang berada di tempat Kijang Bintan. Konon katanya, kopi di sini memalui pengolahan yang berbeda daripada kopi pada umumnya. Untuk kau pecinta kopi, wajib rasanya untuk tiba ke sini untuk mencoba kenikmatan dan melihat eksklusif cara pengolahan dari kopi hawai ini.

Kue Khas Riau

Tidak jauh beda dengan cemilan khas Riau, kesohorannya dan kelezatannya membuat camilan manis khas Riau ini menjadi  oleh-oleh yang wajib kau cari untuk dijadikan oleh-oleh orang di rumah.

1. Roti Jala Khas Riau

kemanaajaboleeh.com

Roti jala ialah kuliner khas Pekanbaru yang dipengaruhi oleh suku Melayu Riau. Umumnya kehadiran roti jala ini ada pada pesta-pesta besar semisal pernikahan. Bahan dasar dari roti jala ini ialah tepung terigu yang jikalau sudah matang akan dihidangkan dengan tumpahan saus durian untuk kau yang suka dengan kuliner manis.

Bukan cuma dihidangkan dengan saus, roti jala ini juga biasa dihidangkan bersama kari daging ayam, sapi atau kambing. Untuk kau yang belum mengetahui makana khas riau ini, roti jala berbentuk segitiga yang di buat dari cetakan khusus. Sedangkan untuk warna dari roti jala ini ada yang putih original dan ada juga warna kuliner lainnya yang diubahsuaikan dengan kreasi si pembuatnya.

2. Bolu Kemojo

falony.com

Ibu Dinawati merupakan penggagas atau penemu dari bolu kamboja yang mana sudah dijadikan kuliner khas kepulauan Riau semenjak tahun 1998. Karena bentuknya yang menyerupai dengan bunga kamboja, menyebabkan camilan manis ini diberi nama bolu kamboja.

Bahan dasar dari bolu kamboja ini ialah telur, tepung terigu, mentega, dan gula pasir yang ditambahkan juga dengan santan dan labu kuning. Bolu kemboja ini mempunyai warna hijau dengan tambahan taburan wijen pada bab atasnya.

itulah ia klarifikasi mengenai 35 kuliner khas Riau yang terdiri dari macam-macam makanan, cemilan, minuman dan camilan manis yang bisa kau jadikan oleh-oleh khas Riau tanah minangkabau ini. Semoga artikel ini bermanfaat unuk kau semua dan terimakasih atas ketersediaanya untuk membaca artikel ini.


Sumber https://ibnuasmara.com/